Sabtu, 21 Maret 2015

RUBIK

Pertama kali, saya kenal mainan berbentuk kotak ini dari abang saya. Saat itu dia lagi asik main mainan kotak itu dan saya pun langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Bukan sama orangnya, tapi sama mainan kotak itu. Yang ternyata namanya adalah: rubik. Bagi saya, kalo bisa main rubik itu otomatis kita bisa (sedikit) keliatan pinter dan keren. Saat itu juga saya langsung minta diajarin sama dia. 

 “belajar sendiri, di youtube banyak”

Seonggok kalimat yang keluar dari mulut dia, yang pengen banget langsung yasa gaplok. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk belajar sendiri, iya sendiri, di youtube. Sebelum saya beranjak ke youtube saya cari tau dulu, apa itu rubik?

Rubik adalah sebuah teka teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1947 oleh pemahat dan arsitektur Hungaria, om Erno Rubik. Dengan nama “Magic Cube” resmi dipatenkan pada tahun 1975 di Hungaria. Sebelumnya om Erno ini menggunakan rubik kubusnya untuk membantu muridnya memahami objek 3D.

 Erno Rubik.

Dan dari beberapa video yang udah saya kunjungi akhirnya saya resmi bisa menyelesaikan mainan kotak kotak itu waktu kelas 7 SMP. Ternyata, belajar nyelesain rubik itu nggak gampang. saya "dipaksa" menghapal rumus-rumus dasar dan rumus-rumus lain yang sukses bikin kepala saya diare ditambah mencret-mencret.

Pernah saya sempat berhenti belajar rubik karna banyak efek samping yang malah muncul di diri saya, ga di rumah, ga di sekolah, ga di wc sekolah pasti tangan kanan saya ada rubik (tangan kiri gayung), dari mulai ber-jam-jam di depan layar laptop, ngabisin waktu cuma buat muter-muterin sisi rubik, ngapalin rumus-rumus yang bikin kepala saya makin nyusut.

Tapi yang namanya penasaran mah susah ditahannya, akhirnya saya semangat untuk belajar nyelesain mainan itu lagi setelah berbulan-bulan musuhan sama si kotak yg udah bikin kepala sama jari saya kena komplikasi. Berawal karna temen-temen di sekolah juga mulai belajar “main” rubik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar